Tips Dan Cara Menambah RAM Laptop dan PC

Saturday, February 14, 2015 2 comments
Heyy.. yooo sobat blogger. sekarang saya akan memberikasn sebuah postingan berdasarkan pengalaman pribadi saya. :D hahahhahaa.. apa itu??

Yuppp.. saya akan memberikan tutorial tentang Tips dan Syarat yang perlu diperhatikan untuk menambah RAM.


Sebelum kita mulai, tutorial ini, perlu saya beritahukan untuk pemula bahwa RAM Laptop Dan PC itu berbeda.

GAMBAR RAM LAPTOP


 GAMBAR RAM PC


JADI JANGAN SAMPAI ADA PERTANYAAN SEMACAM INI :
"GAN, RAM PC DIPASANG DILAPTOP BISA TIDAK?"

JAWABANNYA SUDAH JELAS..
"TIDAK BISA"


nah, apa saja syarat yang perlu diperhatikan saat menambah / mengganti RAM Laptop?
langsung saja kita bahas satu per satu. !!

1. Perhatikan Jenis, Tipe dan Kecepatan RAM

    Angka dibelakang huruf DDRyyy adalah frekuensi-kerja (bukan frekuensi clock) chip memory, atau disebut  data-rate yaitu berapa kali terjadi transfer data dalam 1-detik. Parameter inilah yang sebenarnya paling cocok untuk menyatakan kecepatan maksimum suatu modul RAM.

    Sedangkan angka dibelakang huruf PCxxxx adalah angka kemampuan maksimum transfer bit data atau disebut transfer-rate dalam MByte. Tetapi mesti dicatat bahwa angka transfer-rate hanya bisa dicapai pada clock FSB yang di-spesifikasikan.

    Dua hal diatas memang bisa digunakan untuk menyatakan spesifikasi kecepatan maksimum suatu modul RAM, tetapi kecepatan saat operasional modul RAM perlu memperhitungkan faktor Timing (pewaktuan) yang juga merupakan parameter penting dalam spesifikasi RAM. Sayangnya parameter ini hanya dicantumkan dalam label modul RAM kelas "atas". Penjelasan tentang Timing atau Latency, sebenarnya sangat teknis, saya sudah berusaha membahasnya secara sederhana dalam artikel berjudul Timing (Latency) dalam RAM.

Pada manual motherboard, biasanya disebutkan spesifikasi frekuensi (FSB) dari slot RAM. Hal ini perlu diperhatikan jika ingin membeli modul RAM yang cocok dengan motherboard.

Sehubungan dengan hal di atas, jika menghendaki sebuah sistem komputer yang stabil, maka tak cukuplah jika hanya berpedoman pada merek RAM yang hebat, berkapasitas besar, dan mahal.
Terlebih bagi seorang overclocker, mengingat performa processor amat sangat berkaitan erat dengan RAM. 


Perhatikan Tabel Kecepatan RAM Berikut:


Jika ingin menambah RAM, maka sesuaikan Tipe, dan kecepatan RAM yang baru dengan Kecepatan RAM yang lama.

Bagaimana cara mengetahui Type dan Kecepatan RAM tanpa harus membongkar Laptop / PC?
caranya dengan menggunakan Aplikasi CPU-Z.

berikut ini adalah gambar spesifikasi RAM di laptop saya


Ketika akan menambah RAM,
Perhatikan Type RAM nya, yang terpasang di laptop saya adalah DDR3
perhatikan Bandwidth / Rate nya, yang terpasang di laptop saya adalah PC10600 dengan Frequensi 667Mhz

Beli lah RAM dengan spesifikasi yang identik dengan RAM Lama anda.
Misal : RAM Laptop saya semula adalah 1Gb DDR3 PC-10600, ketika saya ingin menambah RAM, maka saya harus mencari RAM dengan spesifikasi yang identik dengan RAM yang terpasang di Laptop saya. yaitu DDR3 PC-10600 

Catatan : Kalo bisa merk nya yang sama ya. ^_^ Sebenenarnya beda Merk Tidak masalah. yang penting spesifikasinya sama. hehehe


Dan kemarin setelah saya mencari kesana kemari, akhirnya saya berhasil menemukan RAM baru dengan spesifikasi yang identik dengan RAM lama di laptop saya. ini dia gambarnya.

Dan Kemarin saya menambah lagi RAM dilaptop saya dengan kapasitas sebesar 1Gb. hehe..


 

Perlu diingat, bahwa penulisan label spesifikasi RAM Berbeda beda. seperti contoh RAM Milik saya yang sebenarnya memiliki spesifikasi DDR3 PC-10600, namun pada aplikasi CPU-Z terbaca PC3-10700. bahkan ada juga yang terbaca PC-10666

mungkin timbul pertanyaan, apakah sama antara PC10600, PC10666 dan PC 10700?
Jawabannya adalah IYA, Sebenarnya ketiga spesifikasi tersebut adalah sama, hanya saja penulisan LABEL setiap produsen RAM itu berbeda.

jadi saya jelaskan sekali lagi, jika anda berniat menambah kapasitas RAM, carilah RAM baru yang kecepatan nya sama dengan RAM lama anda, kenapa? karena jika anda membeli RAM dengan kecepatan yang berbeda, bisa jadi performa PC / Laptop anda tidak bisa bekerja dengan maksimal. RAM dengan kecepatan yang lebih tinggi akan menyelaraskan kecepatannya dengan RAM yang kecepatannya lebih rendah.

Contoh kasus,
RAM di Laptop anda : DDR3 PC 10600, kemudian anda berniat untuk menambah RAM dengan spesifikasi berbeda yaitu DDR3 PC 12800, nah, dalam kasus seperti ini, RAM PC 12800 akan menyelaraskan kecepatannya dengan RAM lama anda yang lebih kecil kecepatannya,


Sekian, semoga bermanfaat. :)

2 comments:

Post a Comment

Budayakan berkomentar, karena dengan berkomentar berarti anda sudah memberikan saran dan masukan kepada saya.

Salam Sobat Blogger

 

©Copyright 2011 My Diary | TNB