Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Grammar Bahasa Inggris Berbasis Desktop

Wednesday, August 19, 2015 0 comments
Haai, Stalker! :D what have you done lately? :D

          Hihihi.. Oke. serius! Haii.. sobat blogger.. udah lama banget ya rasanya ngga nulis postingan. terakhir itu nulis artikel "Tips dan Cara Menambah RAM Pada Laptop Dan PC" kira-kira tanggal 14 Februari. Pas valentine tuh... cie valentine.. :D hahahah..

         Baru sempat lagi menulis postingan dikarenakan kesibukan saya yang begitu padat. Maklum, mahasiswa semester tua. heheheh.. okelah.. langsung saja. kali ini saya akan berbagi sebuah karya kecil yang telah saya ciptakan. sebenarnya ini adalah projek akhir dari skripsi saya. sebuah aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis desktop untuk membantu belajar grammar bahasa  inggris. berawal dari pemikiran saya untuk menciptakan sebuah media belajar selain buku, karena biasanya pengguna akan cepat bosan jika hanya membaca. apalagi buku-buku panduan yang tebalnya seperti ini..


           Pasti sangat membosankan untuk membacanya. untuk itulah saya mencoba membuat sebuah aplikasi media belajar interaktif berbasis desktop yang berguna sebagai alat bantu belajar. aplikasi ini cukup simple sebenarnya. terdiri dari 3 menu utama. yang pertama menu Grammar, kemudian ada menu Practice untuk latihan, ada menu Exam untuk menguji kemampuan.

           Dalam aplikasi ini terdapat soal-soal latihan yang dapat dikerjakan oleh pengguna untuk mengetahui sejauh mana kemampuannya dalam menguasai grammar bahasa inggris. Berikut ini adalah penjabaran tentang cara kerja aplikasi english grammar :

  1. Soal berbentuk pertanyaan essay.
  2. Pengguna harus menginputkan jawabannya kedalam bagian yang rumpang dari setiap soal yang ada.
  3. Jika pengguna sudah selesai mengerjakan, maka pengguna harus menekan tombol JAWAB. setelah itu akan muncul animasi benar/salah, yang menunjukkan mana jawaban yang salah dan benar.
  4. Pengguna bisa mereset jawaban yang salah dengan menekan tombol RESET.
  5. Pengguna juga bisa meminta bantuan sistem untuk mengoreksi jawaban yang salah dengan menekan tombol KOREKSI.
  6. (penjelasan di nomor 3 sampai 5 hanya terdapat di menu Practice) . Untuk menu Exam, pengguna akan mengerjakan soal-soal dengan level berbeda. terdapat 3 level, yaitu level Elementary, Intermediate, dan level Advance.
  7. Pengguna akan mulai mengerjakan soal dari level Elementary.
  8. Jika pengguna berhasil melewati batas nilai minimal, maka pengguna dapat mengerjakan level selanjutnya. jika tidak maka pengguna harus mengulang level tersebut sampai benar-benar bisa. (Catatan : dalam menu exam tidak ada tombol koreksi dan reset. pengguna tidak bisa meminta bantuan sistem. Jadi pengguna harus berusaha sendiri untuk menjawab setiap soal dengan benar).

berikut beberapa screenshot program nya.

1.Penampakan Menu Utama



2. Penampakan Menu Practice



3. Penampakan Menu Exam

          Nah itu tadi beberapa penampakan screenshot aplikasi "English Grammar". Jika anda berminat untuk mendownload aplikasi ini, silakan klik link dibawah ini :


Download via 4Shared
http://www.4shared.com/rar/bgnRhSIRce/English_Grammar.html


         

0 comments:

Post a Comment

Budayakan berkomentar, karena dengan berkomentar berarti anda sudah memberikan saran dan masukan kepada saya.

Salam Sobat Blogger

 

©Copyright 2011 My Diary | TNB